GAMBARAN MATERI MATA KULIAH PENDIDIKAN PACASILA

tulisan ini berisi tentang salah satu mata kuliah wajib di kampus tempatku belajar..PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.. 

awalnya agak kaget juga, sampai berpikir, 'kenapa ada mata kuliah ini dalam jadwal study semester ini?padahal kan gak ada hubungan ma jurusan yang saya ambil?' tapi ternyata bukan aku saja yang berpikir begitu. banyak teman - teman seangkatanku yang juga kaget setelah melihat daftar study masing - masing, bahkan ada teman dari kampus lain yang begitu melihat KRS-ku langsung tertegun dan berkata 'kamu ambil jurusan apa?kok ada mata kuliah ini?dikampusku kok gak ada ya??' 



saat itu juga saya berpikir, ternyata kampusku memang ingin mengembangkan kepribadian mahasiswa-nya, sehingga sejak itu, saya menjadi lebih mengenal, mengerti dan memahami nilai - nilai pancasila sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan.. ^o^

tapi, begitu masuk kelas, udah disuruh bikin tulisan tentang materi mata kuliah ini...aku coba share aja disini,,mungkin bisa membantu buat yang lagi cari - cari tugas yang sama.. check this out..

GAMBARAN MATERI MATA KULIAH PENDIDIKAN PACASILA


Mata kuliah Pendidikan Pancasila memberikan penjelasan tentang perlunya diberikan perkuliahan Pancasila dari berbagai sudut pandang, beberapa teori asal mula, fungsi dan kedudukan, hubungannya dengan Pembukaan UUD 1945, pemikiran dan pelaksanaan serta reformasi pemikiran dan pelaksanaan Pancasila. 

Selain hal tersebut di atas, pada matakuliah Pendidikan Pancasila ini juga dibahas permasalahan actual dewasa ini khususnya tentang SARA, HAM, krisis ekonomi, dan berbagai pemikiran yang digali dari nilai-nilai Pancasila.

Tujuan umum yang ingin dicapai oleh matakuliah Pendidikan Pancasila tertuang dalam Tujuan Instruksional Umum, yaitu mahasiswa diharapkan dapat :
  1. Memahami landasan diberikannya perkuliahan Pancasila
  2. Memahami pengertian Pancasila.
  3. Memahami pengetahuan ilmiah secara umum dan Pancasila sebagai pengetahuan ilmiah
  4. Memahami Pancasila sebagai obyek studi ilmiah
  5. Memahami pengertian teori asal mula
  6. Memahami teori asal mula Pancasila secara budaya, asal mula pancasila formal, dan dinamika Pancasila sebagai dasar Negara.
  7. Memahami dan menjelaskan fungsi serta kedudukan Pancasila, baik secara formal yaitu Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia maupun secara material yakni Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
  8. Memahami dan menjelaskan tentang hubungan Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 maupun kedudukan hakiki Pembukaan UUD 1945.
  9. Memahami dan menjelaskan pemikiran dan pelaksanaan Pancasila serta reformasi pemikiran dan pelaksanaan Pancasila.
  10. Memahami dan menjelaskan berbagai permasalahan actual dewasa ini, khususnya permasalahan SARA, HAM, dan krisis ekonomi serta berbagai pemikiran yang digali dari nilai-nilai Pancasila untuk memecahkan permasalahan tersebut. 
Tujuan instruktual umum tersebut di atas kemudian dipecah/dirinci lagi dalam satu atau lebih tujuan instruksional khusus. Esensi tujuan instruksional khusus tersebut mencerminkan jenis-jenis perilaku akhir yang seyogianya dapat ditunjukkan oleh para mahasiswa.

Comments