Model
pengambilan keputusan terdiri atas pemilihan di antara berbagai alternatif
dengan hasil yang langsung atau terbatas. Mendeskripsikan proses pengambilan
keputusan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:
1. Kenali
dan definisikan masalah
2. Identifikasi
setiap alternatif sebagai solusi yang layak atas masalah tersebut; eliminasi
alternatif yang secara nyata tidak layak
3. Identifikasi
biaya dan manfaat yang berkaitan dengan setiap alternatif yang layak.
Klasifikasikan biaya dan manfaat sebagai relevan atau tidak relevan, serta
eliminasi biaya dan manfaat yang tidak relevan dari pertimbangan
4. Hitung
total biaya dan manfaat yang relevan dari setiap alternatif
5. Nilai
faktor-faktor kualitatif
6. alternatif
yang menawarkan Pilih manfaat terbesar secara keseluruhan
Relevansi,
Perilaku Biaya, dan Model Penggunaan Sumber Daya Aktivitas
Model penggunaan sumber
daya aktivitas membagi biaya menjadi dua kelompok, yaitu sumber daya fleksibel
dan sumber daya tetap. Sumber daya yang fleksibel diperoleh sesuai dengan yang
akan digunakan dan dibutuhkan; persediaan setara dengan permintaan. Jika
permintaan berubah, maka biayanya relevan. Di lain pihak, sumber daya terikat
adalah sumber daya yang diperoleh di muka sehingga mungkin terdapat kapasitas
yang tidak terpakai. Biayanya mungkin relevan
dan tidak relevan. Jika tidak ada kelebihan kapasitasyang memadai, maka
biaya tambahannya relevan.
Contoh
Aplikasi Biaya Relevan
Perhitungan
biaya relevan merupakan nilai dalam pemecahan berbagai jenis masalah. Secara
tradisional, aplikasi ini mencakup keputusan untuk membuat atau membeli
komponen; meneruskan atau meenghentikan segmen atau lini produk; menerima
pesanan khusus dibawah harga normal; dan memproses produk gabungan lebih jauh
atau menjualnya pada titik pemisahan. Keputusan- keputusan ini di atas tentu
masih dapat ditambah lagi. Namun, sebagian besar prinsip pengambilan keputusan
serupa berlaku untuk berbagai masalah.
·
Keputusan Membuat atau Membeli
Manajer sering
dihadapkan dengan keputusan apakah harus membuat atau membeli komponen yang
digunakan dalam produksi. Sesungguhnya, manajemen harus mengevaluasi keputusan
masa lalu yang berkaitan dengan produksi secara berkala. Kondisi-kondisi yang
menjadi dasar pembuatan keputusan sebelumnya mungkin tidak berubah. Akibatnya,
pendekatan yang berbeda mungkin diperlukan. Tentu saja, evaluasi periodik
bukanlah satu-satunya sumber dari keputusan
menbuat atau membeli (make-or-buy
decision) ini. Seperti pada Tidwell Products, keputusan dimotivasi oleh
masalah yang tidak berhubungan secara langsung.
·
Keputusan Meneruskan atau Menghentikan
Seorang manajer harus
memutuskan apakah suatu segmen, seperti lini produk, harus dipertahankan atau
dihapus. Laporan segmen yang disusun atas dasar perhitungan biaya variabel
menyediakan informasi yang berharga bagi keputusan
meneruskan atau menghentikan (keep-or-drop
decisions) ini. Margin kontribusi segmen dan margin segmennya sendiri
bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja segmen. Namun, sementara laporan segmen
menyediakan informasi berharga untuk keputusan meneruskan atau menghenikan,
perhitungan biaya relevan menggambarkan bagaimana informasi tersebut harus
digunakan agar sampai pada suatu keputusan.
·
Keputusan Pesanan Khusus
Undang-undang
diskriminasi harga mensyaratkan perusahaan untuk menjual produk yang identik
dengan harga sama kepada pelanggan di pasar yang sama. Pembatasan ini tidak
berlaku pada produk yang dilelang atau pelanggan yang tidak saling bersaing.
Harga penawaran ini bisa berbeda untuk pelanggan dari pasar yang sama dan
perusahaan sering mendapat kesempatan untuk mempertimbangkan pesanan khusus
dari calon pelanggan dalam pasar yang dilayani dengan cara tidak biasa.
·
Keputusan Menjual atau Memproses Lebih
Lanjut
Produk gabungan (joint products) memiliki proses yang
umum dan biaya produksi sampai pada titik pemisahan. Pada titik tersebut, kedua
produk dapat dibedakan. Sebagai contoh, mineral tertentu seperti tembaga dan
emas dapat terkandung dalam satu bijih besi. Bijih-bijih tersebut harus
ditambang, dihancurkan, dan diolah sebelum tembaga dan emas dipisahkan. Saat
pemisahan ini disebut titik pemisahan (split-off). Biaya penambangan,
penghancuran dan pengolahan verlaku untuk kedua produk.
Produk gabungan sering dijual pada titik
permisahan. Pemrosesan suatu produk gabungan lebih lanjut setelah titik
pemisahan dan sebelum menjualnya terkadang lebih menguntungkan. Penentuan akan menjual atau memproses lebih lanjut (sell or process further) merupakan
suatu keputusan penting yang harus dibuat para manajer.
Keputusan
Bauran Produk
Memilih bauran produk yang optimal
ketika berhadapan dengan satu kendala sumber daya. Ketika berurusan dengan
suatu kendala sumber daya, margin kontribusi per unit dari sumber daya memiliki
kendala.
Comments
Post a Comment