PENGAMBILAN KEPUTUSAN TAKTIS


Model pengambilan keputusan terdiri atas pemilihan di antara berbagai alternatif dengan hasil yang langsung atau terbatas. Mendeskripsikan proses pengambilan keputusan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:
1.      Kenali dan definisikan masalah
2.      Identifikasi setiap alternatif sebagai solusi yang layak atas masalah tersebut; eliminasi alternatif yang secara nyata tidak layak
3.      Identifikasi biaya dan manfaat yang berkaitan dengan setiap alternatif yang layak. Klasifikasikan biaya dan manfaat sebagai relevan atau tidak relevan, serta eliminasi biaya dan manfaat yang tidak relevan dari pertimbangan
4.      Hitung total biaya dan manfaat yang relevan dari setiap alternatif
5.      Nilai faktor-faktor kualitatif
6.      alternatif yang menawarkan Pilih manfaat terbesar secara keseluruhan
Relevansi, Perilaku Biaya, dan Model Penggunaan Sumber Daya Aktivitas
Model penggunaan sumber daya aktivitas membagi biaya menjadi dua kelompok, yaitu sumber daya fleksibel dan sumber daya tetap. Sumber daya yang fleksibel diperoleh sesuai dengan yang akan digunakan dan dibutuhkan; persediaan setara dengan permintaan. Jika permintaan berubah, maka biayanya relevan. Di lain pihak, sumber daya terikat adalah sumber daya yang diperoleh di muka sehingga mungkin terdapat kapasitas yang tidak terpakai. Biayanya mungkin relevan dan tidak relevan. Jika tidak ada kelebihan kapasitasyang memadai, maka biaya tambahannya relevan.
Contoh Aplikasi Biaya Relevan
Perhitungan biaya relevan merupakan nilai dalam pemecahan berbagai jenis masalah. Secara tradisional, aplikasi ini mencakup keputusan untuk membuat atau membeli komponen; meneruskan atau meenghentikan segmen atau lini produk; menerima pesanan khusus dibawah harga normal; dan memproses produk gabungan lebih jauh atau menjualnya pada titik pemisahan. Keputusan- keputusan ini di atas tentu masih dapat ditambah lagi. Namun, sebagian besar prinsip pengambilan keputusan serupa berlaku untuk berbagai masalah.
·         Keputusan Membuat atau Membeli
Manajer sering dihadapkan dengan keputusan apakah harus membuat atau membeli komponen yang digunakan dalam produksi. Sesungguhnya, manajemen harus mengevaluasi keputusan masa lalu yang berkaitan dengan produksi secara berkala. Kondisi-kondisi yang menjadi dasar pembuatan keputusan sebelumnya mungkin tidak berubah. Akibatnya, pendekatan yang berbeda mungkin diperlukan. Tentu saja, evaluasi periodik bukanlah satu-satunya sumber dari keputusan menbuat atau membeli (make-or-buy decision) ini. Seperti pada Tidwell Products, keputusan dimotivasi oleh masalah yang tidak berhubungan secara langsung.
·         Keputusan Meneruskan atau Menghentikan
Seorang manajer harus memutuskan apakah suatu segmen, seperti lini produk, harus dipertahankan atau dihapus. Laporan segmen yang disusun atas dasar perhitungan biaya variabel menyediakan informasi yang berharga bagi keputusan meneruskan atau menghentikan (keep-or-drop decisions) ini. Margin kontribusi segmen dan margin segmennya sendiri bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja segmen. Namun, sementara laporan segmen menyediakan informasi berharga untuk keputusan meneruskan atau menghenikan, perhitungan biaya relevan menggambarkan bagaimana informasi tersebut harus digunakan agar sampai pada suatu keputusan.
·         Keputusan Pesanan Khusus
Undang-undang diskriminasi harga mensyaratkan perusahaan untuk menjual produk yang identik dengan harga sama kepada pelanggan di pasar yang sama. Pembatasan ini tidak berlaku pada produk yang dilelang atau pelanggan yang tidak saling bersaing. Harga penawaran ini bisa berbeda untuk pelanggan dari pasar yang sama dan perusahaan sering mendapat kesempatan untuk mempertimbangkan pesanan khusus dari calon pelanggan dalam pasar yang dilayani dengan cara tidak biasa.
·         Keputusan Menjual atau Memproses Lebih Lanjut
Produk gabungan (joint products) memiliki proses yang umum dan biaya produksi sampai pada titik pemisahan. Pada titik tersebut, kedua produk dapat dibedakan. Sebagai contoh, mineral tertentu seperti tembaga dan emas dapat terkandung dalam satu bijih besi. Bijih-bijih tersebut harus ditambang, dihancurkan, dan diolah sebelum tembaga dan emas dipisahkan. Saat pemisahan ini disebut titik pemisahan (split-off). Biaya penambangan, penghancuran dan pengolahan verlaku untuk kedua produk.
Produk gabungan sering dijual pada titik permisahan. Pemrosesan suatu produk gabungan lebih lanjut setelah titik pemisahan dan sebelum menjualnya terkadang lebih menguntungkan. Penentuan akan menjual atau memproses lebih lanjut (sell or process further) merupakan suatu keputusan penting yang harus dibuat para manajer.
Keputusan Bauran Produk
Memilih bauran produk yang optimal ketika berhadapan dengan satu kendala sumber daya. Ketika berurusan dengan suatu kendala sumber daya, margin kontribusi per unit dari sumber daya memiliki kendala.



 


Comments