MODAL VENTURA

Pengertian Modal Ventura:
ü  Modal ventura adalah investasi jangka panjang,dimana tujuan utama dan sebagai kompensasi atas risiko yang tinggi dari investasinya adalah perolehan keuntungan,bukan pendapatan deviden atau bunga (Toni Lorenz).
ü  Modal ventura adalah usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu (Kepres No.61 Tahun 1988).

Karakteristik Modal Ventura:
1.      Pembiayaan Modal Ventura Merupakan Equity (Quasi Equity Financing)
2.      Modal Ventura Merupakan Investasi dengan Perspektif Jangka Panjang (Long-term Perspective)
3.      Modal Ventura Merupakan Pembiayaan yang Bersifat Risk Capital
4.      Pembiayaan Modal Ventura Bersifat Aktif (Active Investnaent)
5.      Modal Ventura Bersifat Sementara
6.      Keuntungan Berupa Capital Gain dan Dividen

Pihak – Pihak dalam Transaksi Modal Ventura:
1.      Perusahaan modal ventura
Perusahaan modal ventura adalah perusahaan yang dapat bertindak sebagai investee management ataupun sebagai fund management dimana dalam memberikan bantuannya tersebut juga memberikan dampingan manajemen, baik penempatan ataupun pembianaan manajemen kepada perusahaan pasangan usaha, dana mana, baik berupa penyertaan modal ataupun dalam bentuk pinjaman dengan bagi hasil.
2.      Perusahaan pasangan usaha
Merupakan perusahaan yang sudah menjadi badan hukum ataupun tidak, yang dapat berupa Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Perseroan Komanditer (CV), Firma, bahkan perusahaan perseorangan seperti usaha dagang. Namun, yang paling sering dibiayai dengan modalventuraadalah perusahaan dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT), baik yang sudah ada ataupun yang dibentuk kemudian.
3.      Penyandang dana
Ada dua  sumber dana perusahaan modal ventura yang diberikan kepada pasangan usaha, yaitu model pendanaan yang berasal dari perusahaan modal ventura sendiri dan model pendanaan yang berasal dari penyandang dana pihak ketiga (Bank captive fund, Invesment institution captive funds, Independent fund, Public sector funds, International funds, dan dana dari sumber lain).

Prinsip Dasar dan Mekanisme Pembiayaan Modal Ventura
Pada prinsipnya, proses pencairan dana dan penyertaan saham ke dalam suatu perusahaan pasangan usaha adalah seleksi awal è proses penjajakan Proses konfirmasi è Proses persiapan kerja sama è Proses pendirian badan hukum è Proses implementasi è Proses komersial è Proses divestasi.

Bentuk Pembiayaan Modal Ventura
Pembiayaan modal ventura kepada perusahaa pasangan usaha adalah dalam bentuk penyertaan modal (equity), dimana penyertaan modal tersebut tidak disertai jaminan (collateral) oleh pemilik proyek dan tidak memperoleh bunga. Jadi modal dapat kembali jika proyek yang bersangkutan berhasil. Namun jika proyek yang bersangkutan tidak berhasil, maka pemodal akan mengalami kerugian. Hal inilah yang menyebabka modal ventura beresiko tinggi. Oleh karenanya, modal ventura ini bersifat aktif.

Comments